7 Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Error di Hp Android

Touchscreen Error di Hp Android

Sobat Seo - Ponsel utama saat ini kebanyakan menggunakan layar sentuh atau layar sentuh. Termasuk ponsel dengan sistem operasi Android, yang saat ini mendominasi pasar ponsel global.

Ponsel Android tidak memiliki banyak masalah, seperti yang merupakan kesalahan layar sentuh dan tidak dapat merespons sentuhan. Ini cukup masuk akal karena Anda dapat menyentuh layar ponsel ratusan kali sehari dan masalah dapat terjadi kapan saja.

Sebelum Anda panik dan memutuskan untuk membawa ponsel Android Anda ke pusat layanan, berikut adalah 7 cara efektif untuk memperbaiki layar sentuh rusak di hp Android:

1. Mulai ulang ponsel Anda / Restart ponsel

Metode ini cukup sederhana tetapi cukup efektif. Memulai ulang ponsel Anda dapat mematikan semua fitur ponsel Anda dan memperbarui backendnya, yang dapat menyebabkan crash dan menyebabkan masalah layar sentuh.

Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol power lalu pilih Restart jika layar masih berfungsi sebagian. Jika tidak, tekan tombol daya selama beberapa detik untuk mematikan telepon.

2. Masuk ke Safe Mode

Mode aman di Android memungkinkan Anda menggunakan ponsel Anda dengan perangkat lunak kosong tanpa layanan atau aplikasi yang sebelumnya Anda instal. Jika sentuh fungsi layar modus normal aman, ada kemungkinan bahwa masalah Anda adalah karena aplikasi pihak ketiga.

Tekan dan tahan tombol daya untuk masuk ke mode aman. Kemudian tahan menu Matikan dan Anda akan diminta untuk masuk ke mode aman.

Klik Terima atau ketuk layar dua kali untuk memasukkan ponsel Anda dalam mode aman. Untuk keluar dari mode Aman, ulangi langkah-langkah tetapi pilih Restart.

3. Tampilkan diagnosa

Saat ini, ada banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat mendiagnosis layar ponsel Anda. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Display Tester, yang dapat diunduh gratis.

Setelah Anda menginstal penguji layar, buka tab Tes. Di sini Anda dapat melakukan berbagai jenis tes, seperti mendeteksi piksel mati, OLED yang dibakar, mode multi-sentuh dan banyak lagi.

Jika Anda mendapatkan hasil positif dalam tes multi-sentuh, itu berarti layar sentuh berfungsi normal dan alasan aplikasi pihak ketiga. Cobalah untuk melihat aplikasi yang baru saja Anda instal atau jika Anda perlu mempertimbangkan pengaturan ulang pabrik.

4. Lepaskan pelindung layar / Touchscreen

Untuk melindungi layar sentuh dari goresan dan gundukan saat dijatuhkan, banyak orang sekarang memiliki Pelindung Layar atau Pelindung Layar di ponsel Android mereka. Tetapi panel plastik atau kaca ini dapat mencegah sinyal sentuh mencapai panel display.

Jika layar sentuh Anda memiliki kesalahan atau tidak merespons, coba lepaskan pelindung layar. Ini mungkin tidak sepenuhnya memperbaiki masalah, tetapi dapat meningkatkan respons layar.

5. Tambah penundaan layar / Tingkatkan Latensi Layar

Jika ponsel layar sentuh adalah kesalahan parsial, Anda dapat meningkatkan tampilan keterlambatan dari aplikasi pihak ketiga, seperti perbaikan layar sentuh. Aplikasi ini bekerja dengan mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons.

Aplikasi ini meminta Anda untuk menyentuh bagian layar. Berdasarkan konten di ponsel Anda, aplikasi ini secara artifisial mengurangi penundaan layar.

6. Keluarkan kartu SIM

Metode ini dapat menghilangkan layar sentuh yang bermasalah. Metode ini adalah mematikan ponsel Anda dan mencabutnya dari charger. Keluarkan kartu SIM dan kartu memori dari ponsel.

Nyalakan kembali telepon Anda dan periksa apakah layar sentuh kembali normal. Jika layar sentuh berfungsi normal, masukkan kembali item yang dihapus satu per satu hingga Anda menemukan alasannya.

7. Keringkan ponsel

Ponsel Android yang jatuh atau tenggelam dalam air dapat menyebabkan kerusakan internal, termasuk layar sentuh tiba-tiba yang tidak berfungsi. Coba keringkan ponsel Anda dengan hati-hati untuk mengeluarkannya.

Caranya adalah mematikan ponsel, mengeringkan ponsel dengan handuk, dan meletakkannya di bahan pengeringan seperti silika gel. Tinggalkan ponsel selama sekitar 48 jam.

Demikianlah 7 Cara Ampuh Mengatasi Touchscreen Error di Hp Android Anda. Semoga cara di atas bisa bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba..

Related Posts

Subscribe Our Newsletter