15 Cara Ampuh Mengatasi Ponsel Android Lambat Yang Patut Di Coba

Kali ini Sobat Seo ingin memberi Anda tips tentang cara mengatasi Android yang lambat. Ya, selain menarik banyak vendor untuk mengembangkan smartphone, Android adalah salah satu platform smartphone yang paling cepat berkembang.

Saat ini sudah mulai bermunculan Smartphone Android dengan kapasitas RAM 8GB. Tujuannya agar smartphone Android tidak lambat.

Tidak peduli berapa banyak RAM yang dimiliki smartphone Anda, mungkin terasa lambat dalam kondisi tertentu. Android yang lambat ini bisa disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya jumlah RAM.

Nah, untuk membantu Anda memaksimalkan perangkat Android, Sobat Seo akan menjelaskan cara menangani ponsel Android yang lambat.

Android Lambat

Penyebab Ponsel Android Lambat

Sebelum Anda dapat memahami seberapa lambat ponsel Android Anda, Anda perlu memahami beberapa alasan utama mengapa ponsel Android lamban.
  1. Anda mungkin menginstal terlalu banyak aplikasi di ponsel pintar Android Anda. Dalam situasi ini, ponsel Android Anda akan kehabisan memori untuk menyimpan aplikasi.
  2. Karena konsumsi RAM hampir melampaui batas kapasitas. Lebih baik tidak membuka aplikasi berat yang sama jika RAM ponsel Anda rendah.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Terkadang banyak pengguna smartphone lupa mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu, RAM menjadi penuh dan ponsel Anda melambat.

Cara Mengatasi Android Lambat

Ada banyak cara untuk mengatasi Android lambat, mungkin beberapa cara Sobat Seo menyebutkan yang pernah Anda lakukan. Meskipun dilakukan karena alasan lain, mungkin sebenarnya Anda harus melakukannya secara teratur.

Bagaimana cara mengatasi Android lambat, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja Android?

1. Perhatikan jumlah memori

Perhatikan jumlah memori

Setiap smartphone dilengkapi dengan fitur memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga memengaruhi kinerja smartphone. Dengan memori internal yang rendah, Android lambat.

Oleh karena itu, untuk memperlambat Android, Anda harus menghindari menyimpan banyak data untuk memenuhi memori internal.

Jika Anda sering menyimpan banyak data pada ponsel cerdas Anda, cobalah membeli ponsel cerdas yang disertai dengan dukungan kartu memori. Atau beli smartphone dengan memori internal yang cukup.

2. Gunakan aplikasi Serbaguna

aplikasi Serbaguna

Daripada menginstal banyak aplikasi yang benar-benar membuat memori internal Anda penuh, lebih baik untuk menginstal satu aplikasi, tetapi memiliki banyak fitur. Jika perangkat Android Anda di-root, salah satu dari banyak aplikasi fungsional adalah Apps2SD.

Karena dalam satu aplikasi Anda bisa mendapatkan banyak fitur seperti partisi kartu SD, cadangan aplikasi, tautan aplikasi ke kartu memori dan banyak lagi. Jika tidak di-root, Anda bisa mendapatkan banyak fungsi serupa di Clean Master.

3. Gunakan hanya satu program antivirus

program antivirus

Jika Anda adalah pengguna yang meyakini fungsionalitas antivirus ponsel cerdas Android Anda, Anda harus memperhatikan ini. Hampir sama dengan aplikasi sistem default, aplikasi antivirus masih berjalan di latar belakang.

Efek RAM Anda boros, dan kinerja Android lambat. Anda dapat membayangkan menginstal beberapa perangkat lunak antivirus di perangkat Android Anda, bukan?

Jadi cara mengatasi Android lambat, gunakan hanya satu aplikasi antivirus.

4. Auto Kill

Auto Kill

Anda yang sering melakukan banyak tugas / multi tasking dengan Andoid, harus terbiasa menemukan banyak aplikasi yang aktif di Aplikasi Terkini. Efek konstan menjalankan beberapa aplikasi dalam aplikasi baru-baru ini adalah bahwa RAM kelebihan beban dan Android melambat.

Untuk menghindari ini, coba gunakan Auto Kill. Fitur ini mencegah aplikasi berjalan di latar belakang, sehingga Android tidak akan melambat.

5. Gunakan aplikasi berbayar

Gunakan aplikasi berbayar

Menggunakan aplikasi gratis sangat bagus. Tanpa perlu mengeluarkan uang, kita dapat mencoba beberapa fitur hebat di aplikasi tertentu. Tetapi tahukah Anda bahwa memasang aplikasi gratis sama dengan mempersiapkan kelinci percobaan?

Karena dengan memberikan aplikasi gratis, pengembang ini mendapat banyak ulasan untuk mengetahui kesalahan apa yang terjadi pada aplikasi tersebut.

Selain menjadi kelinci percobaan, menggunakan aplikasi gratis juga dapat membuat Android lambat karena iklan yang disematkan.

Gunakan aplikasi berbayar untuk mencegah Android memiliki iklan yang lambat dan tidak terputus yang dengan cepat kehabisan kuota!

6. Selalu perbarui perangkat lunak

perbarui perangkat lunak

Selalu perbarui pembaruan perangkat lunak, perbarui sekarang. Tujuannya adalah untuk segera memperbaiki masalah yang disebabkan oleh sistem sebelumnya. Karena sudah pasti bahwa tujuan upgrade adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Meskipun kadang-kadang dinyatakan semakin buruk setelah peningkatan, pengembang benar-benar tidak mengatakan apa-apa jika sistem benar-benar memiliki masalah. Selalu periksa menu Pengaturan - Tentang - Pembaruan Sistem, lalu pilih Periksa Pembaruan.

Ini juga berlaku untuk aplikasi yang Anda gunakan. Setelah Anda memiliki pemberitahuan pembaruan aplikasi di Google Play Store, luangkan waktu untuk segera memutakhirkan. Periksa aplikasi yang membutuhkan pembaruan di tab Aplikasi dan Game Saya di Google Playstore.

7. Kurangi penggunaan widget

Kurangi penggunaan widget

Widget membuat Android menarik. Tidak hanya mempercantik tampilan dan nuansa layar beranda Android, tetapi widget juga berguna sebagai pintasan untuk mengikuti berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait.

Sementara Android terlihat cantik dan mempercepat ketersediaan aplikasi, itu juga mengkonsumsi lebih banyak RAM. Efeknya, Android akan lebih lambat.

Karena itu, kurangi penggunaan widget untuk mengatasi Android yang lambat.

8. Copot pemasangan atau penghentian aplikasi yang tidak digunakan

Copot pemasangan Aplikasi

Bahkan, banyak aplikasi baru di Google Play Store selalu menarik untuk dicoba. Selain itu, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal, atau bahkan memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kami instal sebelumnya.

Akibatnya, penyimpanan Android digunakan oleh aplikasi yang benar-benar tidak berguna. Jadi jaga agar perangkat Android Anda cepat, hapus aplikasi yang tidak digunakan, atau lakukan hal yang sama.

Terkadang beberapa aplikasi benar-benar tidak dapat dihapus karena mereka adalah sistem default. Dan yang menjengkelkan adalah bahwa kadang-kadang aplikasi standar sistem terus berjalan meskipun tidak diperlukan, yang menghabiskan RAM dan memperlambat Android Anda.

Untuk menghentikannya, nonaktifkan aplikasi ini dengan mengetik Pengaturan - Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang tidak Anda butuhkan pada tab Mulai, lalu pilih Bongkar.

9. Kurangi atau nonaktifkan animasi di perangkat Android Anda

animasi di perangkat Android

Animasi adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android. Nah, cara menuju Android lambat berikutnya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan - Pengaturan Pengembang.

Untuk meminimalkan atau menonaktifkan animasi di Android agar Android tetap cepat, tetapkan ke Pengaturan - Opsi Pengembang, lalu ubah nilai Skala Animasi Windows, Skala Animasi Transisi, dan Durasi Animator ke minimum atau hapus sepenuhnya.

Metode ini juga yang digunakan Jaka untuk menantang Anda dengan Android, yang memiliki RAM 4GB.

10. Bersihkan cache

Bersihkan cache

Cache adalah tempat untuk menyimpan sementara data tentang aplikasi yang Anda gunakan. Android Cache memungkinkan Anda dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan. Namun, cache yang menumpuk di balik manfaat ini memperlambat Android Anda.

Cara mengalahkan Android lambat saat cache menumpuk adalah dengan selalu membersihkan cache dari setiap aplikasi yang sering Anda gunakan. Caranya, ketik Pengaturan - Aplikasi - Semua, lalu temukan aplikasi yang akan dihapus dari cache-nya dan pilih Clear cache. Atau, Anda juga dapat menghapus cache di Android menggunakan menu Pengaturan - Penyimpanan - Informasi Cache dan pilih OK saat jendela sembul muncul.

11. Bersihkan partisi cache / Cache Partition

Cache Partition

Tidak seperti caching data aplikasi, partisi cache berguna untuk menyimpan proses yang dikelola sistem, sehingga mempercepat penggunaan perangkat Android Anda segera setelah Anda mematikan atau memulai ulang perangkat.

Namun, seiring waktu, cache akan terus menumpuk di latar belakang dan memperlambat kinerja perangkat Android Anda. Untuk mempertahankan kecepatan Android Anda, Anda dapat menghapus partisi cache sebulan sekali dengan masuk ke mode pemulihan dan kemudian pilih Bersihkan Partisi Cache.

12. Matikan sinkronisasi otomatis / Auto-Sync

Matikan sinkronisasi otomatis

Cara selanjutnya untuk mengatasi Android lambat adalah bagaimana mengatasi Android lambat. Anda perlu mengaktifkan fitur Sinkronisasi Otomatis untuk tetap terhubung dengan semua akun yang diinstal pada perangkat Android Anda.

Tetapi ini memiliki dampak besar pada kinerja Android. Jadi menonaktifkan sinkronisasi otomatis sangat membantu ketika berhadapan dengan kerentanan di sistem Android, tetapi efeknya adalah Anda harus membuka aplikasi seperti email atau kalender secara manual.

Anda dapat mengatur perangkat Android Anda agar tetap terhubung saat penting, dan matikan sinkronisasi otomatis secara otomatis pada hari kerja. Anda dapat menggunakan Accounts Sync Profiler atau MacroDroid - Automation Perangkat secara bersamaan untuk menghemat baterai Android Anda.

13. Gunakan Gunakan Launcher yang berbeda

Launcher

Salah satu kekuatan Android, yang membuatnya banyak digunakan, adalah kemudahan penyesuaian. Jika Anda bosan dengan tampilan perangkat Android OEM, Anda dapat mencoba peluncur lain.

Selain mengubah suasana, mengubah peluncur juga membantu dalam mengalahkan Android, yang tampaknya lambat karena antarmuka default.

Banyak peluncur gratis terbaik yang dapat Anda coba di Google Playstore. Tidak hanya beberapa dari mereka menawarkan tampilan yang hebat dan fitur baru, mereka juga membuat Android lebih ringan dan lebih cepat saat digunakan.

14. Lakukan reset pabrik / Factory Reset

Factory Reset

Mungkin sebagian dari Anda sudah sering melakukan reset pabrik. Anda mungkin melakukan ini hanya karena ada masalah dengan perangkat Android Anda. Namun, pengaturan ulang pabrik ini direkomendasikan secara teratur.

Tujuannya adalah untuk membersihkan segala sesuatu yang dibangun di perangkat Android Anda. Anda dapat melakukan pengaturan ulang pabrik melalui menu Pengaturan - Cadangkan dan Kembalikan - Kembalikan Default Pabrik.

15. Gunakan ROM khusus / Custom ROM

Custom ROM

Selain menggunakan Launcher lain, satu bentuk penyesuaian Android yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan ROM khusus. Dengan ROM khusus, Anda juga dapat menikmati ROM lain yang kinerjanya lebih baik dan coba OS terbaru jika ternyata vendor tidak lagi menyediakan pembaruan OS untuk perangkat Android Anda.

Ingat, RAM tinggi atau prosesor kecepatan tinggi tidak selalu menentukan kinerja Android, tetapi tergantung pada bagaimana Anda mempertahankan kinerja Anda sehingga tetap cepat dan tidak lambat.

Semoga dapat membantu dan selamat mencoba!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter